(0752) 82008
office@smpn2padangpanjang.sch.id

SMP NEGERI 2 PADANG PANJANG

Berakhlak Mulia, Berprestasi, Terampil, Berbudaya dan Cinta Lingkungan

Kegiatan Lokakarya SMP Negeri 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2020/2021 “Harus Lebih Bermakna”

Senin, (21/06/2021) bertempat di ruang kesenian SMPN 2 Padang Panjang kegiatan lokakarya resmi dibuka oleh Ibuk Alphabeta Nazar, S. Pd. selaku kepala sekolah dengan peserta seluruh guru dan tenaga kependidikan. Pada hari pertama, kegiatan membahas pencalonan wakil kepala sekolah dan pembagian kelompok per bidang, yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Hasil voting  calon kandidat wakil kepala sekolah menghasilkan 4 pilihan, yakni Bapak Hondrizal, Bapak Syafnal, Buk Lusi, dan Buk Nora. Wakil yang baru terpilih bisa mendedikasikan dirinya menjadi pelita untuk infrastruktur sekolah yang lebih berkemajuan dan bersinergi dengan ide-ide yang lebih brilian dan tanpa batas.

Selasa, (22/06/2021) kegiatan lokakarya hari kedua, pemantiknya adalah Bapak Zulikifli, S Pd. selaku pengawas dinas pendidikan dengan materinya “Pembelajaran Bermakna”. Proses belajar mengajar yang telah dilalui merupakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Baik dalam segi psikomotor dan kognitif yang berkesinambungan dalam pengaplikasiannya pada kehidupan sehari-hari. Guru berperan aktif dalam mengolaborasikan pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang kreatif sesuai dengan pengajaran di kelas atau di lapangan demi menciptakan asessmen yang merujuk pada kurikulum K’13 masa pandemi Covid-19.

“Kita harus bisa menciptakan RPP sesuai tindakan kita di kelas. Bapak dan Ibu juga bisa membuat RPP sendiri yang lebih kreatif dan per bidang studi memaparkan di depan lalu kita koreksi sama-sama.” Ujar Pak Zulkifli mengarahkan peserta lokakarya dalam pembuatan RPP mandiri.

Para peserta lokakarya antusias dalam pembuatan RPP mandiri dan excited dalam memaparkan RPP hasil diskusinya bersama teman satu kelompok kerja guru (KKG) di depan forum dan pengawas. Salah satu bidang studi pasang badan untuk memaparkan RPP ke depan karena melihat teman sejahwat sangat antusias dalam memaparkan RPP mandirinya.

“Waah.. luar biasa. Ini baru dinamakan diskusi karena ada feedback satu sama lain dari pemapar dan forum.” Sahut Pak Zulkifli di sela pemaparan bidang studi Bahasa Indonesia.

Pada hari ketiga, Rabu (23/06/2021) kegiatan lokakarya dialihkan dengan rapat kenaikan kelas VIII yang dimulai pukul 09.00 WIB di ruang majelis guru. Walaupun sedikit menegangkan dalam memperjuangkan anak yang mayoritas malas dalam mengikuti pembelajaran di sekolah, wali kelas tetap semangat memperjuangkan anak kelasnya. Alhasil, kelas VIII naik kelas semua meskipun ada beberapa orang yang dipantau kenaikannya.

Kamis (24/06/2021), hari keempat pemantiknya ialah pengawas dinas pendidikan, Bapak Agus Setiawan, S. Pd. Beliau memberikan materi berupa kurikulum yang telah dipress menjadi kurikulum masa pandemi Covid-19. Lalu, guru bidang studi membuat perangkat pembelajaran sesuai instruksi pemantik. Keterkaitan KI-KD dengan RPP yang digunakan di dalam kelas dan merujuk dengan silabus yang akan dipakai masa pandemi. Menghitung alokasi waktu pelajaran serta menganalisis Minggu efektif tahun pelajaran baru. Lagi, semua peserta antusias dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan memaparkan hasil diskusinya ke depan forum.

Hari terakhir kegiatan lokakarya pada Jumat (25/06/2021), pemaparan hasil diskusi kelompok pada delapan bidang standar. Kelompok pertama yang memaparkan ialah kelompok standar kompetensi lulusan. Ada beberapa hal yang ditambahkan dalam standar kelulusan ini. Salah satunya memberikan test psikologi terhadap peserta didik baru untuk mengukur tingkat kecerdasan dan sikap ketika masuk ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP), bisa disebut masa peralihan dari SD ke SMP. Dilanjutkan pemaparan kelompok standar isi dan seterusnya demi perkembangan sekolah guna menciptakan sekolah yang maju dalam segi intelektual, agamis, dan infrastruktur. (A/P)

Share:

More Posts

Berita 4

“On the other hand, we denounce with righteous indignation and dislike men who are so beguiled and demoralized by the charms of pleasure of the

Berita 3

“On the other hand, we denounce with righteous indignation and dislike men who are so beguiled and demoralized by the charms of pleasure of the

Berita 2

“Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi

Background Sekolah

Berita 1

“Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae ab illo inventore veritatis et quasi